Home - Blog Komputer Smartphone Daftar Isi

Cara Mudah Mengetahui Artikel Website/Blog yang Dicopy Oleh Orang Lain

Bagi seorang penulis sangat senang apabila hasil karyanya banyak dibaca dan dibeli, bahkan dijadikan sebuah rekomendasi untuk dipelajari yang sangat bermanfaat bagi orang lain. Namun, seringnya penulis yang menjadi seorang blogger mengalami hal yang kurang menyenangkan seperti tulisannya dibaj*k oleh orang lain (copy-paste) tanpa seizin penulis/blogger.

Copy/Paste merupakan tindakan yang menyalin sebuah data lalu menempelkan data tersebut pada suatu media yang diinginkan. Istilah ini biasa digunakan untuk menyalin sebuah teks. Zaman sekarang Copypaste seirng disingkat dengan nama Kopas. Sebutan ini digunakan untuk mempermudah dalam penyebutannya.

Kata-kata ini tak hanya digunakan dunia karya ilmiah tetapi juga digunakan dalam keadaan sehari-hari, misalnya seseorang meniru gaya pakaian atau perilaku orang lain yang biasa dianggap trendsetter. Para follower ini disebut kopas gaya seseorang.

Dalam karya ilmiah sangat dilarang untuk melakukan kopas, langkah ini sangat merugikan para pekarya. para tukang kopas hanya melakukan salin dan tempel data pada media yang inginkan.


Ini langkah-langkah agar teman-teman ingin mengetahui, apakah tulisan blog/website teman-teman telah dicopypaste atau tidak.

Inilah langkahnya :

1. Buka Situs http://www.copyscape.com/
2. Tulis link artikel yang ingin diketahui (copy-paste).

3. Klik Go, lihat hasilnya.

Lalu akan muncul hasil, jika bertuliskan no result for found berarti blognya tidak dicopypaste, namun sebaliknya, apabila kalian melihat hasilnya mengeluarkan beberapa website berarti blog telah dicopypaste.

Sekian pembahasan ini, semoga bermanfaat.

adnow

loading...
About |Privacy Policy |Disclaimer |Hubungi Kami
arahblogg ~ Copyright © 2015 by Blogger