Home - Blog Komputer Smartphone Daftar Isi

Sejarah Hidup Penemu iPhone, Apa Saja Ditemukannya ?

Sejarah Hidup Penemu iPhone, Apa Saja Karyanya ? - Sejak bayi Steve Jobs diadopsi oleh Suami istri yaitu Paul dan Clara Jobs yang berasal dari Mountain View, Santa Clara County, California. Mereka yang memberi nama Steve Jobs. Orang tua biologisnya menikah dan memberi nama adik perempuannya Mona Simpsons yang sekarang berprofesi menjadi Novelis.

Steve Jobs melalui masa pendidikan SMP dan SMA di Cupertino, California. biasanya setelah jama sekolah mengajar di perusahaan komputer Hewlett Packard Company yang berlokasi di Palo Alto, California. Maka tak perlu diherankan setelah itu ia dan Steve Wozniak bekerja paruh waktu di perusahaan ini. Pada tahun 1972, Jobs menamatkan pendidikan SMA di Cupertino, California dan ia diterima di Redd College di Portland, Oregon, tetapi dikeluarkan atau drop out stelah menjalani pendidikan satu semester. Tapi selama belajar satu semester di Reed College ia mempelajari salah satu pelajaran yang sangat berguna dalam proses karyanya yaitu mempelajari kaligrafi. " Apabila saya tak pernah dikeluarkan dari dari tempat belajar saya hanya selama satu semester barangkali Mac yang ada saat ini tak akan memiliki multiple typefaces atau font-font yang proporsional', Ujar Steve Jobs.

Pada musim gugur di tahun 1974, Jobs kembali ke California dan menghadiri pertemuan " Homebrew Computer Club " bersama Steve Wozniak. Bersama Wozniak bekerja di Atari Inc, merupakan sebuah perusahaan pembuat permainan komputer yang terkenal, dengan menjabat sebagai desingner games. Tujuan mereka pada saat itu adalah mengunpulkan uang untuk melakukan perjalanan spritual ke India.

Jobs melakukan kunjungan pencerahan dalam hal spiritual ke India dengan temannya pada saat di Reed College, yaitu Daniel Kottke, yang kemudian menjadi pegawai Apple Inc. Pertama kali., Setelah kembali dari India, Jobs menjadi seorang Buddhist dengan rambut bergaya gundul dan menggunakan pakaian seperti biksu. Selama periode ini ia menjalankan paktik pyscedelics yaitu sejenis meditasi dan pada saat itu banyak orang menganggap Jobs sangat aneh karena berjalan tanpa alas diatas salju yang dingin, ini semacam meditasi kesadaran. Hal ini merupakan dua atau tiga hal penting yang ia lakukan dalam hidupnya.

Sejarah Hidup Penemu iPhone, Apa Saja Ditemukannya ?


Pada tahun 1972, Jobs berusia 21 tahun dan wozniak berumur 26 tahun yang kemudian mendirikan perusahaa  Apple COmputer co., yang dimulai pada garasi keluarga Jobs. Komputer pribadi pertma yang mereka temukan yang diperkelnalkan pada publik diberi nama Apple I. Komputer pribadi teresbut dijual seharga 666, 66 dolar AS yang sebagai referensi berdasarkan nomor telepon dari Wozniak Dial-A-Joke Machine yang berakhir -666.(Baca juga: Kisah Perjalanan iPhone )

Pada tahun 1977, Jobs dan Wozniak memeperkenalkan Apple II, komputer yang menjadi sukses besar yang di tingkat komputer rumah tangga dan memberi Apple yang berpengaruh besar di industri komputer pribadi yang berusia muda. Pada tahun 1980, Jobs membawa Apple Computer ke bursa efek, dan dengan penawaran saham awal yang sukses yang mebuat ketenaran Jobs terus meningkat. Pada tahun itu juga, Apple Computer co. memperkenalkan Apple III, walaupun tingkat kesuksesannya tidak seberhasil Apple II, II dan sebelum menenmukan iPhone.

Seiring pesatnya perkembangan Apple Computer, perusahaan mulai melakukan pencarian kepimpinan yang tepat untuk memimpin dan mengatur pertumbuhan perusahaan tersebut. Pada tahun 1983, Jobs mengajak John Sculley yang pernah memimpin perusahaan minuman Pepsi-Cola untuk memimpin perusahaan yang didirikannya., Jobs mengatakan " Apakah kamu mau menjual menjual minuman berkarbonasi seumur hidupmu, atau maukah kamu mengubah dunia? ( Do you want to just sell sugared water for the rest of your life, or do you want to change the world? ). Pada tahun itu juga, Apple merilis Apple Lisa, komputer yang memiliki teknologi tergolong yang sangat maju pada masanya tapi gagal menggaet konsumen di pasar.

Pada tahun 1984 menjadi tahun awal perilisan Macintosh, komputer pertama yang sukses di pasaran dengan dilengkapi teknologi antarmuka pengguna grafis. Pengembangan Mac dilakukan oleh Jef Raskin dan tim tersebut menggunakan teknologi yang sudah dikembangkan oleh Apple Computer Inc. seperti dilakukan di Xerox's PARC, tetapi belum dijual di pasaran, Keberhasilan Macintosh menjadikan Apple tidak mengembangkan lagi Apple II demi membesarkan produksi Mac yang dipertahankan hingga saat ini.

Meskipun Jobs sangat kharismatik bagi Apple, banyak orang menganggap dia sebagai pemimpin yang sanagt mudah berubah pikiran dan tempramental. Pada tahun 1985, setelah menyebabkan masalah kepengurusan di dalam tubuh Apple, Sculley memilih memberhentikan Jobs dari jabatannya dan mengeluarkannya dari Apple.

Setelah tak menjabat lagi di Apple, Jobs memabngun sebuah perusahaan komputer lagi, yang bernama NeXT komputer yang mirip dengan Lisa, NeXT juga tergolong sangat maju dalam hal teknologi di bidangnya, tetpai tak terkenal dipasaran, kecuali di ruang lingkup penelitian. (Tim Bernes-Lee melakukan pengembangan sistem Wolrd Wide Web di CERN dengan memakai NeXT workstation). Denagn demikian, NeXT sangat membantu dalam hal memajukan teknologi-teknologi terbaru seperti object-oriented, Post script, dan perangkat magneto-optical.

Pada tahun 1996, Apple mengakusisi NeXT senilai 402 juta dolar AS dan akusisi ini membawa Jobs kembali ke Apple. Pada tahun 1997 ia menjadi pimpinan sementara perusahaan setelah perginya Gil Amelio.

Dengan adanya akuisisi NeXT, banyak teknologi dari NeXT diterapkan ke dalam produk Apple, terutama Nextstep, yang dikembangkan menjadi Mac OS X. Dibawah pimpinan Jobs perusahaan mengalami lonjakan penjualan setelah merilis iMac. iMac adalah komputer pertama yang dijual dipasaran dengan mementingkan tampilannnya ( meskipun iMac sudah banyak menggunakan teknologi modern didalamnya). Sejak saat itu, tampilan menarik dan merk yang terkenal memberikan nialai lebih pada produk Apple.

Pada tahun-tahun berikutnya, Apple sudah mulai mengembangkan sayapnya, denagn merilis iPod sebagai alat musik portabel, piranti lunak iTunes, dan music iTunes Store. perusahaan tersebut terus melakukan perkembangan penting didalam bidang elektronik pribadi dan musik daring. Merangsang inovasi, Jobs memeperingatkan bawahannya bahawa, " artis tulen mebuahkan hasil", katanya, yang maksudnya adalah menemukan karya-karya yang teapat waktu, sama pentingnya menghasilkan produk jitu.

Jobs sangat dipuji karena keahliannya dalam meyakinkan oarang dan menjadi penjual hebat sebuah produk, yang sering disebut reality distortion field dan hal ini sangat keliatan saat ia memberikan keynote speeches di Apple expos. Namun, perjuangannya juga berdampak sial. Arogansinya mungkin telah menyebabkan Apple kehilangan kesempatan bagus untuk menjadi pemimpin di pasar komputer pribadi. Jobs enggan membiarkan perusahaan lain membuat komputer kompatible dengan Macintosh yang menyebabkan Apple mengalami kekalahan dalam kompetisi merebut pengguna komputer pribadi. Perusahaan penjual piaranti keras dan lunak, akhirnya memtuskan untuk menerapkan platform PC IBM yang mengadopsi sistem operasi bautan Microsoft. Microsoft terus mengejar ketertinggalannya dengan produk Apple dengan terus mengembangkan produk antarmuka grafis buatan mereka sendiri, yaitu Microsoft Windows.

Pada tahun 1986, Jobs bersama Edwin Catmull mendirikan Pixar, sebuah studio animasi komputer di emeryville, California. Perusahaan itu dididrikan dari apa yang dahulunya divisi grafis komputer milik Lucasfilm, yang Jobs akuisisi dari pendirinya, George Lucas, senilai 10 juta dolar AS. Satu dekade selanjutnya, Pixar berkembang pesat, dan sukses dengan karyanya yaitu Toy Story. Semenjak itu, saat itu menghasilkan karya-karya film-film yang memenangkan Academy Award seperti Finding Nemo dan The Incredibles. Karena dalam kepemimpinannya di Pixar dan keunggualannya dalam memimpin Apple. Jobs banyak diakui oleh pengamat dunia industri hiburan salah satu pengganti Michael Eisner sebagai pemimpin Walt Disney Company, yang menjual dan penyandang dana film-film buatan Pixar.

Pada tanggal 25 Agustus 2011, pendiri sekaligus presiden Apple Inc, Steven Paul Jobs akhirnya mengundurkan diri dari perusahaan yang didirikannya. Tetapi masyarakat dunia mengenang ia sebagai penghasil karya-karya yang terus berkembang hingga tahun 2010 ia mengelaurkan iPad yang juga menghebohkan dunia.

Steve Jobs meninggal dunia pada usia 56 tahun, setelah ia mengalami kanker pankreas yang telah menggoroti tubuhnya selama beberapa tahun terakhir. Berita " Steve Jobs meninggal" ini dimumnkan oleh pimpinan Apple pada rabu malam 5 Okt 2011. Ikon lembah silikon ini dikenang atas jasanya menghadirkan produk iPod dan iPhone serta iPad. Pada Agustus 2011, ia menyerahkan tampuk kepemimpinan pada Tim Cook.

Berikut karya-karya Steve Jobs saat masih memimpin Apple Inc.

1. Apple I, produk ini merupakan hasil karya Steve yang dirilis pada tahun 1976.


2. Apple II
Steve merilis Apple I ini tahun 1977 sebagi komputer pribadi grafis warna


3.Macintosh
Pada tahun 1984, Macintosh dikomersilkan dan dimotori oleh Ridley Scott yang merupakan pengusaha sukses saat itu.

4. Apple IIC (1984)

5. Macintosh Portable (1989)

6.Powerbook (1991)

7.iMac (1998)

8.iPod (2001)


9.iPhone

10.iPad


adnow

loading...
About |Privacy Policy |Disclaimer |Hubungi Kami
arahblogg ~ Copyright © 2015 by Blogger