Home - Blog Komputer Smartphone Daftar Isi

Cara Submit Sitemap Ke Google Dan Bing

Cara Submit Sitemap Blog Ke Google Dan Bing - Sesudah mendaftarkan url blog ke Google, maka langkah yang mesti dikerjakan berikutnya adalah mengirimkan peta situs atau sitemap ke Google Webmaster Tools. Langkah ini perlu dilakukan supaya kita bisa melihat kondisi kesehatan blog, karena dengan mensubmit peta situs blog kita bisa mengetahui seberapa banyak backlink yang mengarah ke blog atau website kalian, mengetahui banyaknya error yang terjadi blog kalian, apa-apa saja queri yang mengarah ke blog. Seberapa banyak jumlah postingan yang sudah terindeks google, duplikat deskripsi, dan lain sebagainya. (Baca juga Cara Gampang Memaksimalkan Alat Webmaster Google ).

Sitemap atau Peta Situs merupakan sebuah berkas dalam format xml yang menjabarkan tentang struktur url dalam sebuuah blog atau website yang kalian miliki, site map dibuat berdasarkan regulasi standar dalam aturan penulisan format xml, untuk sebuah blog atau website yang platformnya blogspot kita tak harus bersusah payah untuk membuat sitemap secara manual, dikarenakan blogspot sudah melakukan generate dan menupdate sitemap dengan otomatis setiap saat kita telah selesai mempublikasikan sebuah postingan. Untuk website yang sub domain blogspot kalian bisa melihat sitemap blog kalian, dengan mengakses laman nama_blog.blogspot.com/xml silahkan kalian unduh untuk mengetahui strukturnya.

Peta situs atau sitemap wajib kalian lakukan submit dengan cara manual ke mesin pencari google, sebaiknya saat blog pertama kali dibuat dan artikel pertama kalian dipublikasikan yang wajib pertama kali kalian kerjakan adalah melakukan pendaftaran blog ke msin pencari yang paling terutama melakukan pendaftaran blog ke Google Webmaster Tools atau Search Console dan Bing Webmaster tools, lalu melakukan submit sitemap blog ke mesin pencari dengan menggunakan fitur-fitu yang ada pada tools tersebut, ini bertujuan supaya mesin pencari bisa lebih cepat mengtahui atu mengenali hal-hal apa saja yang harus dilakukan crawl atau ditelusuri dalam blog atau situs kalian, dengan begitu artikel blog lebih mudah diindeks oleh mesin pencari, semakin besar cepat diindeks semakin besar pula kesempatan postingan blog atau situs akan terbit di halaman penelusuran mesin pencari atau SERP akan makin cepat, dan makin banyak diindeks maka postingan blog yang bersangkutan akan mudah ditelusuri  mesin pencari.

Cara Submit Sitemap atau Peta Situs di Google Webmaster Tools (GWT)

Search Console atau Google Webmaster tools merupakan sebuah fitur layanan web untuk webmaster yang berguna untuk melihat interkasi antara robot mesin pencari dan blog atau website yang kalian miliki, peta situs sangat harus disubmit ke mesin pencari google, disebabkan google merupakan mesin pencari yang palling banyak diguankan di dunia, untuk memanfaatkan tools ini, blog atau website harus didaftarkan lebih dulu ke GWT, lalu kita lakukan submit sitemap blog atau situs yang kita miliki, ini cara-cara melakukan submit peta situs blog atau website ke Seach Console :

1. Langkah pertama, kalian masuk ke akun Google Webmaster Tools

2. Apabila blog kalian belum didaftarkan, kalian daftarkan terlebih dahulu blog kalian ke Google Webmaster tools atau Search Console,

Salah satu syarat mendaftar google webmaster kalian sudah ada email google (gmail).

3. Sesudah sukse didaftarkan, di halaman depan akun google webmaster tools atau search console kalian, kalian klik nama blog yang akan didaftarkan.

4. Di halaman berikutnya, pada menu sisi kiri, kalian pilihlah menu Perayapan> Peta situs




5. Lalu, kalian lihat sudut kanan atas, Tambahkan/Uji Peta Situs




Kalian tuliskan atau ketikkan sitemap.xml pada kotak yang telah disediakan di webmaster, lalu kalian tekan klik tombol Submit Sitemap 

5. Kalian reload peramban kalian, jika sudah berhasil dilakukan maka sitemap yang sudah kalian masukkan supaya dapat ditelusuri oleh mesin pencari google.

Baca Juga : Cara Mudah Melihat Pencarian Google Terbaru


 Cara Submit Peta Situs di Bing Webmaster Tools

Bing merupakan salah satu mesin pencari yang cukup terkenal setelah google, mesin pencari dimiliki oleh microsoft yang bekerjasama dengan yahoo, bing dan yahoo mempunyai kebijakan yang sama dalam hal aturan, peta situs blog sangat penting disubmit di mesin pencari bing webmaster tools, dikarenakan pengguna bing yang cukup ramai, blog kalai memiliki peluang mendapatkan visitor dalam search engine ini, dan berikut ini cara-cara melakukan submit ke bing webmaster tools. 

Inilah cara-cara mensubmit peta situs blog ke bing webmaster tools  berikut ini :

1. Silahkan kalian buka url ini http://www.bing.com/

2. Apabila kalian belum terdaftar, silahkan kalian daftarkan blog ke bing webmaster tools, kalian akan diminta untuk membuat akun email outlook microsoft.

3. Setelah kalian selesai mendaftarkan blog kalian, dan kalian sudah berada di halaman depan akun bing kalian, silahkan nama blog pada daftar tampil.

4. Pada halaman berikutnya, pada menu sisi kiri silahkan kalian pilihmenu dashboard -> Configure My Site-> Sitemap.

5. Pada kotak input untuk submit peta situs, kalian ketikkan  http://namablog.blogspot.com/ contohnya saja saya, tuliskan http://arahblogg.blogspot.com/ atau jika blog kalian bukan hosted goole silahkan kalian masukkan url sitemap situs kalian berada.

Cara Submit Sitemap  Ke Google Dan Bing


6. Langkah keenam, kalian tekan tombol submit, reload peramban kalian gunakan.

Sampai langkah diatas, kalian sudah berhasil melakukan submit sitemap di bing webmaster tool dan, dengan mendaftarkan blog kalian mempunyai kesempatan untuk keluar di mesin pencari yahoo dan bing.

Sekian artikel kami tentang Cara Submit Sitemap Blog Ke Google Dan Bing , semoga bermanfaat. Baca Juga : Hal-hal Yang Bisa Meningkatkan Visitor Blog


adnow

loading...
About |Privacy Policy |Disclaimer |Hubungi Kami
arahblogg ~ Copyright © 2015 by Blogger