Home - Blog Komputer Smartphone Daftar Isi

Macam - Macam Layanan Google

Banyak orang mengenal Google sebagai perusahaan mesin pencari karena mengira produk dan layanannya hanya mesin pencari saja. Namun, sebenarnya sulit menentukan identitas Google, karena produk dan layanan yang dihasilkan banyak sekali, dan beragam jenisnya. Meski begitu, identitas Google sebagai perusahaan mesin pencari memang relevan karena perusahaan ini lahir dengan aplikasi pencarian, dan produk-produk yang muncul setelahnya juga tak lepas dari pengayaan produk pencarian.

Meski demikian, penting untuk diketahui bahwa ada banyak produk lain yang dihasilkan Google, yang sifatnya sangat berbeda dari pencarian, misalnya aplikasi perkantoran, program penjelajah (browser), layanan email, berita, jejaring sosial, dan masih banyak lagi. Jika diklasifikasikan, secara garis besar jajaran produk google mencakup produk-produk untuk dekstop, mobile, dan online (berbasis web), serta produk perangkat keras. Produk-produk tersebut ada yang dikembangkan sendiri, tetapi ada juga yang diakuisisi dari perusahaan lain.

Baca juga : Cara Mudah Melihat Pencarian Google Terbaru

Macam - Macam Layanan Google


Dalam bab ini akan dipaparkan penjelasan singkat mengenai produk-produk google yang sudah dirilis, baik yang masih dalam versi beta, maupun yang masih terpajang di Google Labs, situs tempat Google memajang proyek-proyek barunya yang masih dalam tahap uji coba.

Produk Dekstop

Aplikasi-Aplikasi Standalone

  • Adwords
Aplikasi dekstop untuk mengelola akun Google Adwords. Aplikasi ini memungkinkan pelanggan Adwords untuk melakukan perubahan pada akun dan iklan mereka sebelum ditampilkan (disinkronisasikan) dengan layanan online. Aplikasi ini kompatibel dengan Mac OS, Windows XP/Vista/7.
  • Chrome
Program penjelajah bersifat sumber terbuka (open source) ini dikembangkan sendiri oleh Google. Aplikasi ini terbilang masih baru. Diluncurkan pertama kali dalam versi beta untuk Microsoft Windows XP/Vista pada september 2008. Google Chrome didukung proyek sumber terbuka bernama Chromium, yang dirilis dengan lisensi BSD (berkeley Software Distribution). Chrome dirilis menjadi penjelajah yang lebih baik dari sisi keamanan, kecepatan, kestabilan. Diluncurkan dalam 43 bahasa.
  • Google Dekstop
Aplikasi pencarian di dekstop, yang memungkinkan pencarian teks di e-mail, dokumen, musik, foto, chat web history, dan file-file yang tersimpan di komputer, segera mengindeks file yang tersimpan di komputer, segera setelah terinstal. Setelah itu proses indexing dilakukan setiap ada file baru.
Proses pencarian bisa dilakukan segera setetlah aplikasi ini terinstal. hasil pencarian akan muncul di penjelajah Google dekstop home page, sama seperti pencarian di web. Aplikasi ini awalnya ditujukan untuk sistem operasi Microsoft Windows  sejak oktober 2004, lalu menyusul Mac OS X (mulai April 2007), dan Linux (juni 2007).


  • Google Earth
Google adalah aplikasi bola dunia virtual, yang menampilkan peta bumi yang didapat dari citra satelit, foto udara, dan GIS 3D Globe. Semula dinamai Earth Viewer, bikinan Keyhole .Inc., perusahaan yang diakuisisi Google pada 2004. Tersedia dalam tiga versi : GoogleEarth yang merupakan versi gratis dengan fungsiionalitas terbatas; Google Earth Plus (USD 20 per tahun) yang dilengkapi fitur tambahan; dan Google Earth Pro (USD 40 pertahun) untuk tujuan komersial.
Nama Google Earth dipakai sejak 2006, kompatibel dengan sistem operasi Microsoft Windows, Mac, Linux.


  • Gmail
Aplikasi yang berfungsi mengirim pesan pemberitahuan pada pengguna Gmail, jika ada e-mail baru atau email yang belum dibaca dikotak masuk(inbox). Pesan akan muncul dalam bentuk ikon di System stray, berisi informasi tentang judul dan pengirim email.

  • Photo Screensaver
Screensaver berbentuk slideshow yang merupakan bagian dari Google  Pack. Aplikasi ini menampilkan foto-foto dari harddisk, atau melalui RSS dan Atom Web Feeds.


  • Picasa
Aplikasi ini mengatur dan mengedit foto-foto digital, awalnya dibuat oleh Idealab yang sudah menjadi bagian Google. Sejak juli 2004, Google membeli picasa dan menawarkan pengunduhan gratis.
Salah satu aplikasi Picasa adalah Picasa Web ALbums, yaitu aplikasi web untuk berbagi foto, yang sering dibandingkan dengan Flickr dan Zoomr. PWA memungkinkan pemilik akaun Google untuk menyimpan dan berbagi foto secara gratis, dengan kapasitas 1 GB.
  • Secure Acces
Ini merupakan aplikasi klien VPN untuk pengguna Google WiFi, yang peralatannya tidak mendukung WPA.

  • SketchUp
Google SketchUp adalah program modeling 3D yang dirancang untuk para arsitek, teknik sipil, pembuat film, dan game, serta profesional-profesional sejenis. Juga, meneyrtakan fitur-fitur untuk mrnfasilitasi penempatan model-model di Google Earth.
Aplikasi ini dibuat pertama kali oleh @Last Software pada tahun 2000, sebelum diakuisisi Google pada maret 2006. Kemunculannya mendapat sambutan hangat, dan memenangkan Community Choice Award pada 2000. Sampai saat ini SketchUp tersedia dengan fitur-fitur tambahan. Dengan fitur tambahan berupa kemudahan penggunaan, pengitegrasian Component browser dengan Google 3D Warehouse, Layout 2, dan komponen-komponen dinamik yang merespon penskalaan dan peningkatan performa Ruby API.

Baca Juga : Cara Mengatur Jumlah Postingan pada Halaman Utama

  • Talk

Google Talk adalah aplikasi untuk voice internet protocol  (VOIP) dan instant messaging. Aplikasi ini menggunakan open protocol XMPP untuk instant messaging sehingga pengguna aplikasi klien XMMP  lain bisa berkomunikasi dengan pengguna Google Talk. Sejak januari 2006 Google menambahkan fungsi komunikasi server-toserver.

  • Visigami

Aplikasi ini tersedia untuk merupakan aplikasi pencarian gambar dari Google Images, Picasa dan Flickr.

  • Web Accelerator

Aplikasi buatan Google untuk meningkatkan kecepatan loading halaman-halamn web. Menggunakan perangkat lunak yang terpasang di komputer pengguna, dan tembolok (cache) data yang ada di server Google. Proses menambah kecepatan loading ini dilakukan dengan cara mengompres data web yang dikirim dari web server ke penjelajah di kompute pengguna; prefetching konten; dan sharing data tembolok dari beberapa pengguna.



Sekian artikel Macam - Macam Layanan Google  kami bahas, masih banyak layanan-layanan Google yang belum kami sebutkan. Terima kasih.




adnow

loading...
About |Privacy Policy |Disclaimer |Hubungi Kami
arahblogg ~ Copyright © 2015 by Blogger