Home - Blog Komputer Smartphone Daftar Isi

Cara Memperbaiki Touchpad/Mouse Laptop Yang Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Touchpad/Mouse Laptop Yang Tidak Berfungsi - Terkadang kita mengalami tidak berfungsinya Touchpad pada laptop baik laptop baru maupun laptop lama. Padahal biasa digunakan normal-normal saja tanpa ada kendala sedikitpun. Lalu tiba-tiba mengalami kursornya diarahkan tidak berjalan atau tak tampak lagi. Kita pun mengalami kebingungan yang luar biasa  ?.

Touchpad merupakan pengganti mouse yang sudah banyak digunakan oleh pengguna laptop pada umumnya, umumnya perangkat keras ini banyak ditemukan pada laptop. Namun, kini sudah banyak juga ditemukan pada komputer dekstop yang sudah ada touchpad. Touchpad memberikan bantuan khusus kepada bagi pengguna untuk membantu pekerjaan yang selalu mengandalkan mouse berlebih. Touchpad mempunyai ukuran yang bervariasi. Touchpad juga ditemukan pada Personal Digital Assistant (PDA) dan beberapa media player portabel seperti iPod. Tujuan kehadiran itu sendiri adalah membuat nyaman pengguna mouse, yang dulunya pemakaian mouse memerlukan tempat yang cukup luas, serta memerlukan alas yang rata. Dengan hadirnya touchpad, pengguna bisa menggunakan komputer atau laptop dimana saja meskipun di lokasi yang terbatas. berbicara tentang kemunculan touchpad tidak terlepas dari sejarah kehadiran ide komputer portabel yang dicetuskan oleh Alan Kaydi Xerox. Sejak saat itu, ide ini terus mengalami perkembangan sehingga kemudan ditemukan ide untuk menambahkan piranti pengganti mouse ke dalam komputer portabel. sedangkan mouse adalah perangkat keras yang sangat diperlukan dalam menjalankan operasi sebuah komputer, bisa disebut komputer tidak akan sempurna, bahkan performanya kan menurun bila tidak hadir mouse dalam pengoperasiannya. Kejadian beda jika pada sebuah laptop, alasannya laptop sudah dilengkapi dengan touchpad di dalamnya.

Fungsi mouse di sebuah komputer adalah mengatur perjalanan kursor secara cepat, tak hanya itu untuk memberikan sebuah input dengan cukup menekan sebuah tombol pada mouse komputer. perangkat keras komputer ini dinamakan mouse disebabkan desainnya berbentuk seperti tikus, serta kabel yang terhubung ke komputer mirip ekor tikus. Pada mouse ada sensor yang bekerja untuk menjalankan kursor. Kini, bola di mouse telah diubah dengan teknologi optik sehingga bisa menggerakkan kursor lebih akurat.

Jika pada sebuah laptop sudah dilengkapi dengan touchpad, touchpad adalah papan sentuh yang bekerja untuk menjalankan kursor dan fungsi-fungsi lainnya. terkadang sebagian pengguna masih menggunakan mouse untuk menjalankan kursor di sebuah komputer.

Mouse terdapat dua buah tombol, tombol kiri dan tombol kanan. Pada kedua tombol ini memiliki kerja yang beda. tombol kiri digunakan untuk memilih objek dan teks, sedangkan pada tombol kanan jika digunakan akan memunculkan menu-menu tertentu. Menu yang muncul akan mengeluarkan menu yang berbeda tergantung dengan aplikasi yang sedang dioperasikan. ini sedikit penjelasan mengenai mouse.

Baca Juga :  Cara Menyalakan Wifi pada Laptop

Mungkin tips atau saran ini berfungsi bagi teman-teman mengalami hal seperti saya. Untuk kali ini kita membahas langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan agar keadaan laptop teman-teman kembali sediakala.

Baca Juga : Cara Mengambil Screenshot di Laptop

Cara Memperbaiki Touchpad/Mouse Laptop Yang Tidak Berfungsi


2 Cara Mudah Memperbaiki Touchpad

Langkah 1:
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari penyebab tidak berfungsinya Touchpad, seringnya juga tidak lebih dari settingan dari touchpad yang tidak diketahui, Cara mengatasinya cukup mudah, yaitu memastikan atau mengaktifkan Tap To Click pada pengaturan touchpad telah dicentang atau belum.

Icon tray pengaturan Touchpad terkadang berbagai macam tergantung pengaturan laptop kita itu sendiri,

Cara mengaktifkannya cukup dengan keterangan Tap To Click yaitu klik kanan pada icon touchpad, lalu dipastikan Tap To Click telah tercentang.

Selesai sangat mudah bukan?Coba restart laptopnya.

Apabila cara diatas mouse juga belum berfungsi, Silahkan gunakan cara berikut ini.

Langkah 2:

1. Klik Start-Control Panel-System-Device Manager.
2. Selanjunya Cari Mice and Other Pointing Device.
3. Klik Simbol yang ada disampingnya.
4. Hapus Driver laptop yang bernama Synaptics PS/2 Port Touchpad (Klik Kanan-Tekan Delete)
5. Setelah Menghapus Driver, restartlah laptop.
6. Selesai.

Baca Juga : Cara Cek Driver yang Belum Terinstal

Sekarang coba kembali penggunaan Touchpad, biasanya kembali normal.

adnow

loading...
About |Privacy Policy |Disclaimer |Hubungi Kami
arahblogg ~ Copyright © 2015 by Blogger