Home - Blog Komputer Smartphone Daftar Isi

Langkah Mudah Sharing Data File Melalui Wifi pada Windows 7/8

Langkah Mudah Sharing Data File Melalui Wifi pada Windows 7/8 - Saat komputer terkoneksi ke sebuah jaringan, kemudian berbagi data tanpa direpotkan baik itu file, dokumen, bahkan perangkat keras seperti printer. Pada saat sharing folder/file, kita tak ingin lagi direpotkan dengan media penyimpanan seperti flashdisk atau perangkat sejenisnya.

Apabila kita melakukan pembagian data dengan mengguakan flashdisk tidak efisien, banyak menghabiskan waktu dan merepotkan. Adanya fitur berbagi data file menggunakan jaringan, kita cukup dengan mengaksesnya melalui komputer kita miliki.

Begitulah sedikit kegunaan fitur berbagi data. Pada pembahsan ini, kita akan membicarakan langkah-langkah bagaimana langkah mudah sharing data file menggunakan dua komputer dalam sebuah jaringan.

Data sering disebut juga data atau arsip yang telah tersimpan di komputer, file meruipakan sekumpulan data dan berupa informasi yang masih memiliki hubungan di dalam ruang penyimpanan sekunder. Biasanya file yang tersimpan di komputer terletak pada folder tertentu, tergantung file yang si pengguna ingin menyimpannya. File mempunyai ekstensi yang berbeda karena jenis yang disesuaikan.

Misalnya saja banyak tanda yang membedakan antara satu file dengan file lainnya, contohnya saja file dokumen yang berbentuk word atau pdf. File di komputer banyak sekali formatnya, berikut sedikit pembahasan file-file di komputer.

1.File System
File system ini berfungsi untuk menjalankan program di dalam komputer yang disesuaikan penggunaanya., dan menjalankan berbagai aplikasi yang dipasang dikomputer.

2.File Video 
Tidak semua video bisa dijalankan aplikasi yang telah terinstal di komputer, ada sebagian jenis-jenis video yang bisa diputar dengan software tertentu pula.

3. File dokumen 
Sesuai ekstensi sesuai dengan dokumen yang ditunjuknya, masing-masing dokumen akan bisa dibuka jika sesuai dengan software yang telah terinstal. misalnya saja jpg, jpeg, png, gif, tif, dan lain sebagainya.

4. File Gambar 
Biasanya gambar yang dihasilkan berbentuk jpg atau jpeg, pengguna tak harus menginstal software untuk mellihat gambar biasanya sudah tersedia oleh windows. Tetapi pengguna bisa menginstal aplikasi tambahan guna mengolah foto.

Baca juga : Cara Mengirim File Melalui Facebook

Pada pembahasan kali ini, kami menggunakan OS windows 7. Namun, bagi pengguna windows 8 jangan kecewa dulu, cara-cara pada OS windows 7 tidak beda jauh dengan OS Windows 8.

Langkah Mudah Sharing Data File Melalui Wifi pada Windows 7/8

1. Persiapkan sebuah folder yang akan dipraktekkan/sharing, kemudian klik kanan-->pilih properties
2. Apabila jendela Properties telah muncul, klik tab sharing data, pada tab sharing pilih Advanced Sharing
3. Lalu Centang di Share This Folder
4. Agar mebagi data lebh mudah dan cepat kita harus mematikan firewall, disebabkan akan susah mengakses file firewall diaktifkan. Masuk Control Panel, lalu nonaktifkan.
5. Kemudian, masuk pada CMD, tekan tombol WIndows + R.
6. ketikkan CMD pada kotak yang tersedia.

Langkah Mudah Sharing Data File Melalui Wifi pada Windows 7/8


7. Setelah itu ketikkan perintah ipconfig/all, kemudian lihat IPV4 Address, itu adalah alamat IP komputer kita.
8. Jika Komputer lain (masih dalam satu jaringan), kita harus mengambil file dan memasukkan memasukkan IP komputer tersebut pada menu RUN.
9. Nah, setelah melakukan sharing, silahkan melakukan copy folder tersebu pada komputer sobat.

Sekian pembahasan kita Langkah Mudah Sharing Data File Melalui Wifi pada Windows 7/8.

Baca Juga : Cara Menyalakan Wifi pada Laptop


adnow

loading...
About |Privacy Policy |Disclaimer |Hubungi Kami
arahblogg ~ Copyright © 2015 by Blogger