Home - Blog Komputer Smartphone Daftar Isi

Penyebab Kuota Cepat Habis

Penyebab Kuota Cepat Habis - Mungkin sebagian pengguna internet kehabisan kuota bisa menjadi kesal. Selain itu, Kegiatan browsing di internet menjadi terhenti serta sosialisasi di media sosial juga terhenti

Kehabisan paket internet kalian tidak dapat mengirim pesan lewat WhatsApp, mengecek timeline di twitter, membuat status di facebook, lakukan chatting di BBM. ( Baca : Cara Buat Status Berwarna Di BBM Android

Tidak adanya  koneksi internet, layanan hiburan digital menjadi terhenti. Misalnya, video streaming, game online, musik streaming, dan Youtube, serta masih banyak yang tak bisa disebutkan. Perangkat pintar yang kita gunakan menjadi seperti tak berguna. Provider-provider internet di Indonesia, sudah ada yang menyediakan data unlimited untuk jalan keluar masalah ini. Namun, memiliki ketentuan dan keterbatasan yang berbeda pula dari pihak layanan provider.  Apabila pemakaian paket data tersebut telah mencapai batas syarat dan ketentuan yang diberlakukan, koneksi internet menjadi lambat.

Kuota Cepat Habis


Sebelum kalian masuk ke dalam masalah kuota internet, ada baiknya kalian lebih dulu melakukan perencanaan penggunaan data di smartphone Android atau iOS kalian. Seperti apakah situs  yang sangat banyak menelan kuota internet kalian.


Inilah 5 Hal Penyebab Kuota Internet Cepat Habis.

1. Video Streaming
Kini, banyak jenis layanan video streaming yang memudahkan penggunanya untuk mendapatkan trailer film terbaru, menonton film secara penuh, atau hanya untuk menonton video klip penyayi kesukaan mereka. Misalnya Situs penyedia layanan video yaitu Youtube, iTunes, dan lain sebagainya. Satu hal yang harus kalian perhatikan : video streaming merupakan pengonsumsi data internet yang paling banyak. Konsumsi data internet kuota internet video streaming bisa mencapai 70 Mb/menit.

Apabila kalian memilki data internet yang terbatas, dan kalian sering menonton film tersebut secara berulang, maka direkomendasikan kalian simpan berkas video tersebut secara offline

2. Musik Streaming
Situs penyedia musik streaming, misalnya Guvera dibuat sangat praktis. Kalian bisa mendengar musik dari situs tersebut dimanapun, jika terkoneksi internet. Kalian juga tak harus menyediakan ruang penyimpanan untuk melakukan penyimpan pada file musik tersebut. Tetapi, konsumsi kuota internet kalian membengkak. Apabila kalian memutar lagu atau musik kesukaan kalian yang beresolusi 320 kbps, jumlah semua data internet yang dikonsumsi ialah 1,9 Mb/menit. Dalam satu jam saja, kalian sudah menghabiskan ratusan Mb kuota internet.

3. Chatting dan Video
Chatting dan Video streaming melalui Skype atau Camfrog termasuk kegiatan yang banyak memerlukan banyak data. Tetapi, banyak data konsumsi tersebut bisa berbeda-beda pula itu terletak pada aplikasi dan besarnya resolusi video yang dipakai. Chatting dan Video, seringnya menghabiskan 5 Mb/ menit. Apabila kalian ingin menghemat kuota, kurangilah sesi tersebut.


4. Game Online
Beberapa games tidak mengonsumsi kuota interne yang banyak, mungkin tersebut hanya menghabiskan beberapa kb/ menit saja, realtif hemat data katakanlah. Tetapi, beda pula ceritanya jika game tersebut merupakan game real-time misalnya Asphalt 8. Game jenis tersebut bisa menghabiskan paket data 1 MB/menit. Permainan tersebut dalam waktu yang lama bisa menghabiskan banyak data internet.

5. Upload Video ke Youtube.
Mengupload video ke youtube bisa menghabiskan paket data yang realtif banyak. Tetapi, itu juga tergantung dengan setelan yang digunakan oleh pengguna dan banyak faktor lainnya. Video yang bersolusi High-Definiton (HD) dapat mengonsumsi internet hingga mencapai 200 Mb/menit. Coba kalian hitung saja, apabila setiap bulan kalian 3 upload video yang beresolusi HD yang durasinya 2 menit dan data internet kalian hanya 1 GB/bulan. Sebaiknya, kalian menggunakan koneksi Wifi saja ketika hendak upload video seperti ini.

Baca Juga : Cara Mengirim Pulsa Telkomsel

Demikianlah postingan Penyebab Kuota Cepat Habis yang bisa membuat kesal para pengguna internet, jika kalian masih bingung dengn pembahasan diatas bisa kalian tinggalkan komentar dibawah ini. 

adnow

loading...
About |Privacy Policy |Disclaimer |Hubungi Kami
arahblogg ~ Copyright © 2015 by Blogger