Home - Blog Komputer Smartphone Daftar Isi

Cara Cek Tagihan Listrik

Cara Cek Tagihan Listrik - Listrik merupakan salah satu kebutuhan utama dan paling penting bagi masyrakat. Tidak adanya listrik, maka aktivitas tidak berjalan lancar. Listrik yang biasanya ginukan masyarakat sehari-hari adalah listrik yang berasal dari PLN.

PLN merupakan perusahaan energi yang dimiliki negara untuk mengurusi aspek mengenai kelistrikan di Indonesia. Hampir semua listirk yang ada di seluruh wilayah Indonesia disediakan oleh PLN.

Apabila sebuah wilayah tidak memilki listrik, maka akan memperlambat pekerjaan di wilayah tersebut. Tak hanya aktivitas siang hari, pada malam hari pun di wilayah tersebut mengalami gelap gulita. Hampir semua rutinitas sehari-hari menggunakan listrik.

Dan patut kita ketahui bahwa listrik yang digunakan tidaklah diberikan secara gratis, Hal ini disebabkan oleh adanya biaya-biaya dalam mengadakan listrik. Begitu juga dengan biaya listrik yang dibebankan kepada rumah tangga, dibedakan biaya tarif listrik subsidi dan non subsidi.

Dengan kemajuan teknologi sekarang, untuk masalah cek tagihan listrik dapat dilakukan via SMS dan Internet secara online dan mengecek listrik sudah terbayar atau belum. Hal yang membingungkan banyak pengguna listrik adalah bagaimana langkah-langkah menggunakannya.

Baca Juga: Cara Cek Kuota 3

Cara Cek Tagihan Listrik




Cara Cek Tagihan atau Rekening Listrik

Inilah langkah-langkahnya :

1. Langkah pertama, yaitu lewat hp atau via sms, PLN memberikan dua pilihan kepada pelanggan yakni melalui media sms yakni hanya mengecek tagihan listrik dibulan yang diinginkan dan yang cara kedua, berlanggan setiap bulannya. Apabila berlangganan, setiap bulan pelanggan akan menerima SMS notifikasi dari PLN mengenai tarif tagihan listrik PLN yang sudah berjalan. untuk mnegecek tagihan listrik PLN yaitu langkahnya mengetik format SMS, ketik : REKno ID Pelanggan kirim ke 8123. Untuk berlangganan pemberitahuan setiap bulannya, Kalian bisa mengirimkan SMS dengan cara, ketik: PLNNONno ID Pelanggan kirim ke 8123. Kedua langkah diatas berlaku untuk operator Telkomsel, Indosat, T Flexi, dan Mobile-8. Untuk menggunakan SMS untuk mengecek tagihan listrik, kita dikenakan tarif sebesar 500 setiap SMSnya. Apabila kalian ingin berhenti berlangganan SMS PLN, kita cukup menegetikkan ketik : PLOFFID pelanggan, lalu kirim ke 8123.

2. Langkah yang kedua, yaitu melalui internet atau via online, Untuk mengetahui tagihan listrik, kita cukup membuka website http://www.pln.co.id/, setelah website terbuka lihatlah bagian tengah kanan website, akan kotak mnegecek tagihan secara online. Isilah ID pelanggan PLN yang kita miliki, jika setelah menyelesaikan langkah tersebut silahkan klik cek. Kemudian, akan muncul nominal tagihan listrik PLN  kita bulan ini. Tak hanya itu, kiat juga bisa mengecek riwayat tagihan listrik bulan-bulan lalu, dengan langkah memilih bulan yang kita inginkan dibawah form Nama dan ID pelanggan.

Demikianlah Langkah-langkah Cara Cek Tagihan atau Rekening Listrik, Jika ada perubahan langkah tersebut itu teragntung dari PLN itu sendiri.

Baca Juga : Penyebab Kuota Cepat Habis

adnow

loading...
About |Privacy Policy |Disclaimer |Hubungi Kami
arahblogg ~ Copyright © 2015 by Blogger