Home - Blog Komputer Smartphone Daftar Isi

Cara Mencari Persentase Di Excel

Cara Mencari Persentase Di  Excel - Dalam matematika, persentase atau perseratus merupakan sebuah perbandaingan atau angka atau disebut juga rasio untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase biasanya ditampilkan menggunakan "%". Persentase umumnya juga digunakan, walaupun bukan unsur ratusan. Bilangan tersebut kemudian diskalakan supaya bisa dibandingkan dengan seratus.

Excel merupakan perangkat lunak spreadsheet yang berada dibawah naungan microsoft, banyak kelbihan dalam menggunakan excel menghitung angka-angka, membuat laporan, membuat grafik-grafik, banyak fasilitas lainnya memudahkan pengguna duntuk menyelesaikan pekerjaan. Excel merupakan perangkat spreadsheet yang sangat banyak digunakan di dunia, perangkat ini sangat mudah digunakan dan mempunyai banyak fitur-fitur. Excel memberikan banyak keunggulan dibandingkan perangkat lunak spreadsheet yang sudah ada lebih dahulu.

Mengenai Excel, kita akan membahas lemabr kerja microsoft excel
Langkah-langkah dalam memulai microsoft excel, tekan tombol start yang berada di sudut kiri bawah, pilih menu All Programs -Microsoft OffIce - Microsoft Office Excel sehinggan program excel terbuka dan siap dijalankan. Tombol Office adalah pengganti menu file yang sering ditemukan dalam microsoft office excel tombol ini berisi perintah-perintah standar untuk menjalankan berkas dokumen, menutup dokumen, memprin dokumen,. Tombol Tab adalah bagian yang berbantuk tabulasi dan berisi serangkaain grup yang membuat beberapa tombol  perintah yang sesuai. Grup merupakan bagian yang berada dibawah tab dan berisi jajaran tombol perintah untuk mengoperasikannya suatu proses tertentu dengan langkah-langkah klik-klik tombol tertentu. Quick Access Toolbar merupakan fitur-fitur ini berguna untuk mengubah fungsi-fungsi tombol yang sesuai keinginan.

Close merupakan tombol untuk menutup dokumen kerja excel atau keluar dari microsoft excel, Maximize and Minimize merupakan tombol memaksimalkan dan meminimalkan ukruan jendela kerja excel, Tabulasi Sheet merupakan lembar kerja utama yang berfungsi untuk menampung seluruh data dan formula yang akan digunakan sebagai data pembentuk laporan.

Baca Juga :
Cara Menghitung Rata-Rata Di Microsoft Excel
Cara Buat Grafik Di Excel
Cara Menulis Rumus Di Word

Segala hal perhitungan yang bisa dikerjakan dengan menggunakan rumus excel di office 2007 maupun office 2010, contonhya mengkalkulasikan persentase yang umumnya kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Menghitung persentase

Rumus dasar persentase dalam ilmu matematika;

Cara Mencari Persentase Di  Excel


Sebagai contohnya

Pak Tukul membeli apel dari petani seharga Rp 100.000 per kg. Lalu, Pak Tukul menjual apel tersebut seharga Rp 120.000 per kg. Berapa persen profit pak Tukul?

Penyelesaian :

Profit = Rp 100.000 - Rp 120.000 = Rp 20.000

Persentase keuntungan (%) = 20.000/100.000 x 100% = 20%

Apabila kalkulasi tersebut dilakukan dengan menggunakan format excel,

Terdapat 4 kolom tabel yaitu A2=Beli, B2=Jual, C2=Profit, D2=Persentase, Untuk mengkalkulasikan persentase posisikan kursor di kolom D2, lalu letakkan rumus =(C2/A2) lalu Tekan Enter.

Baca Juga :
Cara Membuat Catatan Kaki Di Microsoft Word
Cara Merubah Ukuran Foto di word
Cara Membuat Bilangan Pangkat Di Microsoft Word

Maka hasil kalkulasi adalah 0,2. Untuk mengkonversi angka menjadi persen, silahkan tekan tombol % pada format number. Maka nilai akan menjadi 20%.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Cara Mencari Persentase Di  Excel, semoga bermanfaat.

adnow

loading...
About |Privacy Policy |Disclaimer |Hubungi Kami
arahblogg ~ Copyright © 2015 by Blogger