Home - Blog Komputer Smartphone Daftar Isi

Cara Membuat Catatan Kaki Di Microsoft Word

Cara Membuat Catatan Kaki Di Microsoft Word -  Catatan kaki merupakan daftar keterangan khusus yang ditulis dibawah pada setiap lembaran kerja akhir bab karya-karya ilmiah. Catatan adalah salah satu bagian penting dalam penulisan karya tulis, yang biasanya digunakan untuk buku, skripsi, makalah, serta karya tulis lainnya.

Catatan di bawah lembar kerja ms word biasanya dimanfaatkan untuk menuliskan sumber dari suatu kutipan atau menuliskan referensi sumber yang umumnya digunakan pada karya-karya ilmiah. Catatan kaki umumnya dimanfaatkan untuk menuliskan keterangan atau komentar atau bisa juga menjelaskan sumber kutipan untuk pedoman bacaan penyusun daftar bacaan atau biografi.

Belajar microsoft word tidak lengkap rasanya, jika pengguna tidak mengenal perangkat lunak tersebut. Setidaknya mengenal definisi perangkat tersebut, word merupakan sebuah perangkat yang berguna sebagai pengolah kata, kegunaan microsoft word berguna untuk surat-surat atau dokumen-dokumen dalam dunia kerja.

Dalam mengoperasikannya word dilengkapi dengan menu-menu yang relatif banyak dengan kegunaannya masing-masing. Quick Acces toolbar merupakan tool ini berguna untuk akses langsung ke halaman microsoft word, pengguna bisa menyetel menu-menu mana saja yang akan diletakkan di Quick Toolbar, Title Bar merupakan nama pengguna memberi judul berkas milik pengguna saat disimpan di komputer, Tool Bar merupakan bagian microsoft word sangat berguna penting, terdiri dari banyak sekali menu-menu. Itulah sedikit mengenail lembar kerja word.

Microsoft Office Word secara otomatis bisa memunculkan nomor footnote atau Catatan Kaki dan Endnote atau catatan akhir pada worksheet atau lembar kerja  pada setiap dokumen. Contohnya saja pada suatu makalah atau karya ilmiah ada sumber penulis atau pengarang buku gunakan catatan kaki dan singkatan ada pakai endnote. Footnote diawali dengan format number dan Endnote format romawi. Panduan ini bisa kalian terapkan pada word 2007, 2010.

Baca Juga :
Cara Merubah Ukuran Inch ke Cm di Word
Cara Membuat Bilangan Pangkat Di Microsoft Word
Cara Menulis Rumus Di Word

Dalam membuat catatan kaki menggunakan Insert Footnote pada Ribbon References. Langkahnya adalah menggunakan fungsi Footnote yaitu sebagai berikut.

1. Langkah pertama, bukalah lembaran kerja microsoft word kalian.

2. Lalu, klik References pada ribbon.

3. Klik insert footnote yang bergambar AB1 pada group footnotes, secara langsung keluar nomor dibawah worksheet, ketik sumber yang dimaksud, atau bisa juga dengan menekan tombol kombinasi Ctrl + Alt + F.

Untuk melihat posisi letak posisi text catatan klik dua kali di nomor urut footnote atau klik Next Footnote, maka dengan otomatis berpindah ke text yang dimaksud. Catatan atau sumber dapat dibuat dimana saja tanpa perubahan nomor urut footnote.

Sedang fungsi Endnote (Catatan akhir ) Ctrl+Alt+D sama dengan footnote.

Apabila ingin mengubah nomor urut footnote atau endnote klik kolom seperti kursor di bagian sudut kanan bawah Group Footnotes.

Baca Juga :
Cara Buat Hyperlink di Word
Cara Membuat Daftar Isi Di Word 2007

Sesuaikan format seperti yang kalian inginkan dalam setelan Footnote dan Endnote.


Cara Membuat Catatan Kaki Di Microsoft Word


Apabila footnote atau endnote sangat panjang untuk muat pada halaman, kalian bisa membuat pemebritahuan selanjutnya untuk membiarkan pembaca tahu bahwa Footnote atau Endnote dilanjutkan pada halamn selanjutnya.

Pastikan kalian berada pada tampilan draft dengan melakukan klik draft sebelah lihat status bar.

Pada tab References, pada group footnote , klik tampilan Notes.

Apabila lembar kerja kalian mengandung Footnote dan Endnote, muncul pesan. Klik view Footnote atau Endnote dan lalu klik OK.

Dalam daftar panel catatan, klik Notice kelanjutan Footnote atau endnote Continuation Notice.

Dalam catatan panel, ketiklah teks yang kalian inginkan gunakan untuk pemberitahuan kelanjutan. Sebagai contoh, ketik Endnote dilanjutkan pada halaman selanjutnya.

Dalam dokumen, pilih tanda referensi Footnote atau Endnote yang ingin hapus kemudian tekan DELETE.

Demikianlah artikel Cara Membuat Catatan Kaki Di Microsoft Word , semoga bermanfaat.

adnow

loading...
About |Privacy Policy |Disclaimer |Hubungi Kami
arahblogg ~ Copyright © 2015 by Blogger