Home - Blog Komputer Smartphone Daftar Isi

Cara Menggunakan Drop Cap

Cara Menggunakan Drop Cap - Drop Cap merupakan suatu paragraf yang dimulai dengan hruf yang lebih besar dibandingkan dengan huruf yang dipakai pada keseluruhan paragraf. Umumnya dalam pengetikan artikel, huruf awal dibuat tampak supaya lebih besar dan menarik perhatian pembaca.

Biasanya dalam penulisan naskah atau artikel, huruf pertama awal paragraf ditulis sedemikian rupa agar kalimat lebih menonjol, dengan begitu akan menarik pembaca. Ms Word mempunyai tool untuk membuat hal tersebut, tak hanya untukl artikel drop cap digunakan untuk penulisan newsletter, penulisan dokumen yang laian yang membutuhkan menampilkan huruf awal kalimat. Fitur ini hadir di word.

Word merupakan aplikasi pengolah kata yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, word memiliki banyak fitur-fitur yang bisa memudahkan pengguna untuk melakukan penulisan dokumen. Menggunakan word memiliki fitur-fitur yang  bisa membuat pengguna nyaman pengguna untuk melakukan pekerjaan. Pekerja atau mahasiswa menggunakan word dalam menulis-menulis karya ilmiahnya.

Dalam dunia kerja, terutama yang berkecimpung dalam dunia jurnalis sangat membutuhkan fitur-fitur word untuk diterapkan dalam penulisan naskah dokumen. Salah satu fitur yang dibutuhkan jurnalis dalam penulisan dokumen ialah drop cap. Dengan menggunakan drop cap penulisan bisa menerapkannya dalam karya ilmiah, untuk menulis naskah terkadang dibutuhkan drop cap sebagai awal penulisan dari sebuah kalimat.

Baca Juga :
Cara Membuat Kolom Di Microsoft Word
Cara Mengatur Tabulasi (TAB STOP) Pada Microsoft Word

Microsoft word mempunyai fasilitas untuk menangani hal ini dinamakan dengan Drop Cap. Tak hanya untuk artikel, Drop Cap juga bisa dimanfaatkan untuk surat kabar, undangan, atau untuk menampakkan huruf  suatu bagian teks di awal bab atau awal lembaran kerja.

Contoh paragraf yang menggunakan drop cap.

Contoh Drop Cap


#Cara Membuat Drop Cap

- Sorot huruf yang akan dijadikan drop cap
- Klik tab Insert
- Pada kelompok Text, klik tool Drop Cap.


Pilih salah satu pilihan berikut :
  • None, digunakan untuk megembalikan teks ke kondisi awal
  • Dropped, digunakan untuk mengubah huruf pertama lebih besar berada dalam satu margin dibanding teks yang lainnya.
  • In margin, digunakan untuk mengubah huruf pertama tercetak lebih besar berada di luar margin.
  • Jika pilihan yang dipilih adalah Drop Cap Options,
  • Pada kotak pilihan Position, pilih misal Dropped
  • Klik OK.

Demikianlah postingan kami mengenai Cara Menggunakan Drop Cap, semoga bermanfaat.

adnow

loading...
About |Privacy Policy |Disclaimer |Hubungi Kami
arahblogg ~ Copyright © 2015 by Blogger