Kolom sangat berguna dalam penulisan naskah, naskah-naskah banyak ditemukan di surat-surat kabar, majalah ataupun novel. Penulisan naskah menggunakan kolom sangat diperlukan terlebih dikarenakan jika penulisan tak menggunakan kolom akan banyak sekali memakan halaman kertas. Menulis naskah akan membuat banyak paragraf. Satu paragraf memiliki banyak kalimat-kalimat dalam memiliki banyak kata-kata. Pembuatan kolom sangat dibutuhkan untuk menghemat temapt penulisan naskah.
Fitur word ini sangat bermanfaat untuk diterapkan dalam penulisan naskah, atau karya-karya ilmiah yang memuat banyak kalimat-kalimat. Fitur ini memudahkan penulisan untuk menerapakannya dalam karya ilmiahnya. Word terus memperbaharui fitur guna memudahkan penulis atau pekerja menggunakannya.
Baca juga ;
Cara Mengatur Tabulasi (TAB STOP) Pada Microsoft Word
Cara Mengatur Indentasi
Cara Mengatur Posisi Kertas Pada Microsoft Word
Ada 2 (dua) langkah dalam pembuatan kolom (misalkan naskah dokumennya telah tersedia sebelumnya), yakni :
#Menggunakan Toolbar
- Pilih atau blok naskahnya
- klik tab Page Layout
- pada kelompok Page Setup Klik tool (Columns)
- Tentukan jumlah kolomnya, misal Three (3 kolom).
Baca Juga :
Cara Mengatur Batas Halaman atau "Margin" Di Word
Baca Juga :
Inilah contoh naskah dengan jumlah kolom sebanyak 3 kolom
#Menggunakan Kotak Dialog
- Seleksi naskah yang akan dibuat kolom
- Klik tab Page Layout
- Pada kelompok Page Setup, klik tool Columns, hingga muncul tampilan diatas.
- Lalu pilih More Columns,
- Pada bagian Preset, pilih :
- One : Pengetikan dokumen satu kolom
- Two : Pengetikan dua kolom mempunyai lebar sama.
- Three : pengetikan tiga kolom dengan lebar sama
- Left : Pengetikan dua kolom dengan besar kolom kiri lebih dari besar kolom bagian kanan.
- Right : Pengetikan dua kolom dengan besar kolom kanan lebih kecil dari lebar kolom sebelah kiri atau bisa juga kalian praktekkan dengan menginput angka pada bagian Number of Columns, contohnya 3. Sesuaikan lebar kolomnya pada width, dan jarak antar kolom Spacing. Apabila kalian menginginkan lebar setiap kolom ditentukan sesuai keinginan, maka pada Equal column width jangan dinyalakan.
- Beri tanda ceklis atau kotak cek Line between, dalam pembatasan antar kolom.
baca Juga :
Jika kalian ingin memulai kolom baru, pilih dan klik Start New Column.
- Di tombol daftar opsi Apply to, berikut :
- Whole document : Semua dokumen
- Selected text : Teks yang disorot saja
- Selected Sections : Bagian yang terpilih
- This point Forward : dari posisi kursor sampai akhir dokumen tersebut
- Klik OK
Demikianlah postingan kami mengenai Cara Membuat Kolom Di Microsoft Word, semoga bermanfaat.