Home - Blog Komputer Smartphone Daftar Isi

Mengenal Cara Menggunakan Paint Di Windows 7

Mengenal dan Cara Menggunakan Paint Di Windows 7 - Paint merupakan salah satu perangkat lunak pengolah gambar, paint adalah aplikasi bawaan dari microsoft windows. Dalam setiap Sistem Operasi Windows selalu ada program pengolah gambar paint. Sebagai program editing gambar sederhana, tentu saja kita bisa mengharapkan  editing gambar yang selengkap sejenis photoshop, lightroom, coreldraw, maupun picasa. Namun, setidaknya banyak hal yang kita lakukan dengan menggunakan Microsoft Paint. Inilah alasan kita harus memanfaatkan fitur-fitur dan mengenal cara memanfaatkan Microsoft Paint walaupun hanya aplikasi pengolah gambar sederhana. Untuk mengolah gambar yang berat, memang tak perlu dipungkiri bahwa kita membutuhkan program yang lebih canggih, fiturnya lebih lengkap dari Paint.


Mengenal dan Cara Menggunakan Paint Di Windows 7
Mengenal dan Cara Menggunakan Paint Di Windows 7



Shape

Salah satu fitur unik yang dipunyai oleh Microsoft paint, yaitu fitur Shape. Sebuah fasilitas yang terdapat berbagai jenis gari-garis yang membentuk sesuatu, baik itu lingkaran, bintang, penunjuk arah, bintang daud, heart, segitiga, dan lain-lain. Kita bisa melakukan klik pada salah satunya, kemudian memasukkan pada gambar dengan cara menarik untuk menyetel seberapa besar ukuran shape. fasilitas ini juga bisa dipadukan dengan fasilitas Outline dan Fill.

Baca Juga :
Cara Mengubah Ukuran Gambar dengan Microsoft Picture Manager
Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitas

Teks

Dalam membuat sebuah tulisan atau teks, kita bisa mengklik logo A (text) dan menyesuaikan diman teks akan ditempatkan. Seperti halnya photoshop, terdapat banyak sekali opsi font yang bisa dipilih, mulai dari Arial, Algerian, Book Antiqua, Latin hingga font-font yang unik lainnya. Ukuran teks dibatasi dari 8 hingga 72, dan tidak fleksibel. Terdapat fasilitas untuk melakukan Bold, Italic (miring), Underline, dan Striketrough. Apabila kalian mau memberi warna pada tulisan atau teks, kalian menseleksi teks yang akan diberi warna, kemudian klik warna yang kalian inginkan pada fitur Edit Color.


Tool

Ada 7 fasilitas yang ada pada Microsoft paint, diantaranya adalah pencils untuk menulis atau menggambar sketsa, Fill with color untuk mengisi warna pada objek, Text yang berlogo huruf A untuk menulis teks, Erase merupakan fitur untuk menghapus objek, Color Picker untuk memberi warna yang akan disesuaikan dengan objek, Magifier untuk memperlebar tinjauan gambar dengan lambang Mikroskop. Kuas (brushes) untuk memberikan goresan dengan berbagai warna serta karakter kuas. Pada aplikasi paint versi Windows 7 setidaknya tersedia 9 pilihan jenis kuas.

Resize

Sama halnya seperti editor foto yang lain, dalam microsoft paint dapat melakukan resize foto. Fasilitas resize berada pada di sisi fasilitas Select. Akan keluar jendela baru apabila melakukan klik Resize, dengan berbagai macam pilihan setting yang cukup banyak. Percentage merupakan untuk mengubah ukuran foto dengan cara mengubah angka 100 yang ada baik pada posisi horizontal maupun vertikal. Saat kalian mengubah angka horizontal dari angka 100 menjadi 70 (contoh), dengan otomatis angka vertikal juga akan mengubah dengan angka yang sama untuk penyesuaian aspek rasio. Namun, tak perlu melakukan aspek ratio, bisa klik centang pada Maintain Aspect ratio. Dibawah resize terdapat fitur Skew untuk mengubah kemiringan foto. Kalian juga bisa memadukan angka -89 sampai 89 baik secara vertikal maupun horizontal. 


Demikianlah postingan kami mengenai Cara Menggunakan Paint Di Windows 7 , semoga bermanfaat.




adnow

loading...
About |Privacy Policy |Disclaimer |Hubungi Kami
arahblogg ~ Copyright © 2015 by Blogger