Home - Blog Komputer Smartphone Daftar Isi

Cara Gampang Memaksimalkan Alat Webmaster Google

Cara Gampang Memaksimalkan Alat Webmaster Google - Bagi blogger pasti memiliki keinginan agar semua artikel yang ditulisnya di halaman blog ingin terindeks di mesin penelusuran google, apabila semua artikel terindeks di halaman pertama google akan meningkatkan pengunjung yang lebih banyak. Cara yang sering digunakan agar blog terindeks halaman google adalah dengan mensubmitkan artikel di url postingan Alat Webmaster Google.

Untuk mencapai agar semua postingan hadir di halaman pertama google. Jangan lupa untuk rajian belajar adalah jalan menuju keberhasilan yang paling jitu. Apabila kita tidak rajin memepelajarinya, perjuangan kita hanya sebagai angin lalu. Dengan begitu, kita harus memaksimalkan alat webmaster google semaksimal mungkin.

Kesempatan kali ini kita membicarakan cara gampang memaksimalkan SEO blog dengan bantuan Alat Webmaster Google. Alat webmaster sangat menbantu para pemilik website ataupun blogger dalam memaksimalkan artikel di halaman pencarian google. Jadi, sebaiknya para pemilik website atau blogger disarankan memiliki Alat Webamaster Google.

Walaupun banyak tersedia jasa dalam memaksimalkan SEO, tetapi kita harus berjalan pada aturan yang benar. Jika website atau blogger melakukan tidak menyenangkan untuk mengejar popularitas website, maka kalian akan terkena penalti dari mesin pencarian Google. Pengguna Website yang baik akan menggunakan Alat Webmaster Google sesuai aturan yang telah diterapkan Google. Ingat, jangan melakukan pengoptimalan SEO dengan cara yang curang, bisa-bisa website anda akan terhapus dari mesin pencarian Google. Sebelum bicara lebih jauh, kita harus mengetahui apa itu Aalat Webmaster Google?

Apa itu Alat Webmaster Google?

Alat Webmaster merupakan salah satu alat SEO yang disediakan Google secara gratis untuk memaksimalkan web atau blog untuk hadir di halaman depan mesin penelusuran Google. Layanan ini juga bekerja untuk menginformasikan kinerja situs di mesin pecarian Google.

Terdapat 8 menu utama dalam Alat Webmaster Google, yaitu :

1. Dashbor
2. Pesan Situs
3. Tampilan Penelusuran
4. Lalu Lintas Penelusuran.
5. Google Indeks
6. Perayapan
7. Maslah keamanan
8. Sumber Daya lainnya.

1.Dasbor

 Ini merupakan halaman depan Alat Webmaster Google, Dasbor akan menampilkan keadaan sebuah blog secara umum baik itu mengenai perayapan, penelusuran, dan kesehatan peta situs. Di dasbor kita akan meliahat kesehatan sebuah blog.


2.Pesan Situs

Apabila blog mengalami kendala, perubahan, atau kesehatan yang harus dilakukan. Alat Webmaster Google akan menginformasi status blog ke Alat Webmaster itu sendiri. Biasanya pesan itu mengenai pengaturan Alat Webmaster ataupun spam yang amsuk ke blog.


3. Tampilan Penelusuran.




           Disni terdapat 4 submenu :
           1. Data Terstruktur
            Data terstruktur akan menginformasikan data dirayapai oleh alat webmaster pada sebuah blog. Makin banyak data terstruktur, semakinmudah pula alat webmaster dalam merayapi dan mengindeks blog tersebut. Selain itu, akan ditampilkan pula apabila terdapat kesalahan data terstruktur.

Untuk mendapatkan data terstruktur silahkan diuji dengan alat penguji data Terstruktur yang terdapat pada Menu Sumber daya lainnya. Data terstruktur akan menginformasikan, misalnya : publisher terverifikasi, ekstrak dat terstruktur, dan lain-lain.

        2. Penyorot Data
        Fitur ini adalah salah satu alat pembentuk data struktur. Adanya penyorot data, tentu saja memudahkan Alat Webmaster untuk merayapi sebuah blog dan akan mempercepat proses terindeksnya halaman blog.

Dalam melakukan penyorot data, klik tombol Mulai Menyorot di sisi sudut kanan atas, selanjutnya ketik url atau link halaman postingan, sebaiknya halaman url yang dimasukkan yang telah lebih sebulan dipostingkan.

Pada Jenis Informasi yang Akan disorot pilihlah Artikel, pada pilihan bawah pilih Tag laman Ini dan lainnya yang serupa, selanjutnya tekan oke, dan kemudian akan disorot data yang ada awal dari Judul Artikel, Pengarang/Author, tanggal dipubilkasikan, gamabr dan lainnya. Langkahnya blok bagian yang akan disorot, dan sesuaikan pilihan yang akan keluar.

Apbila data semuanya telah disorot, klik tombol selesai, Kemudian, akan muncul peninjauan halaman untuk menjadikan kumpulan halaman dengan 2 opsi, sebaiknya dipilih menu Khusus, karena opsi ini, kita dapat menyesuaikan data penyorot berdasarkan, Tahun, Bulan, dan keseluruhan.

       3. Penyempurnaan HTML
        Menu ini adalah fitur yang menginformasikan indikator blog tentang meta deskripsi dan meta tag blog. Apabila terjadi pembajakan/duplikat konten atau kesalahan konten akan segera diperbaiki.

Biasanya, duplikasi terjadi disebabkan oleh 3 hal, yaitu :
Pertama, berasal dari template, kedua disebabkan oleh pengaturan robot.txt, ketiga disebabkan oleh Setelan preferesnsi penelusuran.

     4.Taut Situs
      Taut Situs merupakan fitur tautan situs yang akan menampilkan secara otomatis yang akan keluar pada mesinpenacarian Google, pada sisi ini, sebaiknya jangan melakukan tindakan apapun, kita hanya membiarkan Alat Webmaster untuk menyesuaikan halaman mana yang akan keluar. Apabila kita melakukan tindakan untuk menentukan halaman yang akan kelaur, ini bisa menyebabkan halaman postingan lain tidak akan keluar.

5.Lalu Lintas Penelusuran.
Pada fitur ini, ada bebebrapa submenu :

      1.Kueri Penelusuran
         Kueri penelusuran merupakan kosa kata atau susunan kalimat yang ditelusur oleh pengguna mesin telusur dalam mesin penelusuran yang menunjuk blog atau judul postingan, fitur ini akan menginformasikan banyaknya kueri, banyaknya tayangan dan banyaknya klik.

Agar memaksimalkan kueri, kita bisa melakukan tanda Bintang pada kueri yang ada.

       2. Tautan ke Situs Anda.
            Tautan ke situs anda akan menampilkan backlink, fitur ini akan menampilkan backlink sebuah blog darimana beasal backlink tersebut.

       3. Tautan Internal
           Tautan akan menginformasikan mengenai artikel-artikel yang telah dikunjugi oleh pengunjung dalam sebuah blog. Banyaknya tautan internal, menunjukkan terkenalnya dan bermutunya blog tersebut.

        4. Tindakan Manual
            Tindakan manual menginformasikan mengenai situs spam bisa jadi tanpa kita sadari menjadikan postingan atau script yang bisa dikatakan spam atau oleh orang lain.

         5. Penargetan Internasional
            fitur ini bekerja untuk melakukan pengaturan target pengunjung yang didasari oleh bahasa dan negara, Tujuan penargetan bahasa, mesin penelusuran akan memunculkan website atau judul postingan sesuai bahasa yang ditelusuri, meskipun negara berbeda.

            Untuk penargetan negara, mesin penelusuran lebih mementingkan negara asal pengunjung ketika melakukan pencarian.

             Untuk mengatur penargetan bahasa ada 3 cara, pada blogger lebih mudah cuma dengan 1 cara saja yaitu dengan menempelkan kode ini pada <head> template blog, kode ini hanya berlaku bagi blog berbahasa Indonesia. Pada pengaturan penargetan negara, cukup dilakukan dengan memilih negara yang dituju.

           6. Kebergunaan Seluler.
               Fitur ini akan menginformasikan mengenai kesalahan blog apabila ditelusuri melalui ponsel, smartphone dan sejenisnya. Apabila ada kesalahan, kemungkinan template blog yang digunakan tidak responsive. Untuk memeriksa blog bisa menggunakan Alat PageSpeed Insight pada menu sumber daya lainnya.

             Fitur ini akan menampilkan saran-saran rekomendasi untuk blog dalam kecepatan akses, sebuah blog bisa dinilai bagus apabila memiliki nilai 80/100.

5.Google Indeks





         1. Status Indeks 
             Status indeks akan memperlihatkan artikel-artikel atau postingan yang telah terindeks alat webmaster.

          2. Kata Kunci Konten
              Kata kunci konten atau keyword akan menampilkan kata kunci-kata kunci yang mengarah pada sebuah website atau blog, ini akan dijadikan ketentuan dalam memposting artikel dan dalam mengatur meta keyword blog.

               Dalam hal keyword, jangan meletakkan kata penghubung, seperti yang dan, dengan, ini dsb. karena dianggap kata kunci konten spam.

           3. Hapus Url
               Fitur ini bekerja untuk menghapus sebuah link atau url blog, fitur ini sangat bermanfaat apabila terjadi Kesalahan Perayapan, langkah ini cukup dengan menyalin url yang salah atau postingan yang tidak ditemukan. Selanjutnya, lakukan permintaan penghapusan.


6.Perayapan
         
            1. Kesalahan Perayapan
                 Fitur ini akan memperlihatkan Data kesalahan perayapan yang didapatkan saat Alat Webmaster melakukan penelusuran, apabila terdapat kesalahan perayapan segera mungkin lakukan perbaikan, waktu yang tepat untuk melakukan penghapusan.

             2. Statistik Perayapan
                 Fitur ini memperlihatkan laporan Googlebot atau robot google dalam waktu 90 hari terakhir, fitur memperlihatkan banyaknya postingan yang dirayapi oleh robot google dalam sehari.

              3. Ambil Sebagai Google
                  Fitur ini sangat penting fungsinya dikarenakan satu-satunya alat submit url ke Alat webmaster, seprti yang pernah disinggung sebelumnya, fitur menjadi alat penguji cepat lambat atau cepatnya sebuah blog atau artikel ynag dirayapi dan terindeks oleh google.

               4. Penguji Robots .txt
                   Banyak blogger yang tidak memperdulikan fungsi alat ini. padahal perannya sanagt vital. Alat ini memeriksa robots.txt kesesuaian alat webmaster dan kemauan kita atau akan menjadikan artikel dicekal dan banyak artikel duplikat konten.

               5. Peta Situs
                   Peta situs adalah fitur yang menginformasikan banyaknya artikel terkirim dan banyaknya postingan yang terindeks, dan juag menginformasikan apabila terjadi kesalahan pada peat situs.

                6. Parameter Url
                     Fitur ini bekerja dalam menyeting parameter yang terdapat pada blog, supaya alat webmaster dapat melakukan perayapan. Contonhnya apabila kita tidak mau url hasil penelusuran handphone tak terjadi penambahan.

                    Sebaiknya apabila tidak yakin akan pengaturan parameter yang dilakukan seharusnya jangan lakukan perubahan.

Demikianlah cara gampang memaksimalkan alat webmaster google.
















adnow

loading...
About |Privacy Policy |Disclaimer |Hubungi Kami
arahblogg ~ Copyright © 2015 by Blogger