Home - Blog Komputer Smartphone Daftar Isi

Cara Mudah Menggunakan Twitter

Cara Mudah Menggunakan Twitter - Twitter merupakan situs mikroblogging yang sangat terkenal di dunia dan banyak yang menggunakannya di dunia. Bedanya dengan facebook, twitter tidak dikategorikan sebagai media sosial, situs ini lebih dikatakan sebagai situs jaringan informasi. Pembuat twitter itu sendiri lebih menggolongkan twitter sebagai jaringan informasi bukan sebagai media sosial. Diantara facebook dan twitter, mereka mempunyai kelebihan masing-masing, jika kita mengetahui cara penggunaannya kita akan senang dalam memainkannya.

Dalam menggunakan twitter sangat berbeda dengan facebook, pertama-tama kita wajib tahu cara menggunakan twitter. Pertama kali, kita harus mengetahui istialah-istilah yang ada pada twitter. Karena banyak berpikir cara menggunakan twitter sama halnya denga menggunakan facebook. Oleh karena itu, kita harus mencari istilah-istilah yang ada pada twitter, dengan mengetahui cara istilah di twitter kita kan mudah mengoperasikannya.


Istilah-istilah dalam twitter


1.Bagaimana mendaftar di Twitter

Hal yang paling utama dalam sebelum menggunakan twitter adalah mendaftar terlebih dahulu, kita harus mempunyai akun lebih dulu sebelum tahu cara menggunakannya. Pertama kali, kita harus mengakses akun twitter, selanjutnya kita harus mengisi form yang ada pada pada kotak pendaftaran twitter. Mendaftar twitter sangat mudah, anda cukup menyiapkan email seperti yahoo, gmail, outlook. Semua email bisa anda gunakan supaya dapat menggunakan twitter.


2.Mengetahui Istilah Dalam Twitter



Sebelum bermain twitter, yang perlu kita ketahui dasar-dasar twitter. Kiat akan mengulas istilah-istilah dalam twitter secara terperinci, Istilah tersebut banyak digunakan di layanan mikroblogging ini.

a. Tweet
Tweet merupakan kalimat atau kata yang diposting dalam akun twitter. apabila facebook diketahui sebagai status, sedangkan twitter adalah tweet.

b. Reply & Mention
Reply/balas merupakan istilah dalam membalas tweet seseorang. Di dalam facebook kita  mengenal kotak komentari. Di twitter untuk menyapa seseorang disebut mention, hal ini dipakai untuk menulis di dinding orang lain. Dalam menggunakan twitter, pengguna diberikan nama unik yang didahului dengan @. Denagn nama tersebut kita dapat memposting atau menyapa seseorang alias mention di dinding twitter teman yang kita sapa. Dalam hal facebook, pengguna terlebih dahulu harus membuka profil teman agar dapat menulis status di wall teman. Berbeda dengan twitter, dalam memposting/mention kita cukup meyematkan nama yang igngin kita sapa. Setelah kita sapa pengguna dapat melihat di dinding pengguna yang disapa, kemudian dapat membalasnya.

c. Retweet (RT)
Retweet merupakan membagikan psotingan orang lain, di facebook kita mengenal bagikan yang terdapat pada bagian bawah postingan. apabila meretweet tweet seseorang, tweet tersebut akan muncul di twitter yang kita miliki dan pengikut akan dapat melihat tweet yang kita bagikan.



3. Mengetahui Istilah Pertemanan dalam twitter.

Di media sosial facebook kita mengetahui pertemanan, untuk mendaptkan banyak teman kita menambah teman, apabila kita mau mengajak pertemanan dengan pengguna facebook lainnya, kita harus klik tombol tambahkan sebagai teman untuk menjadi pertemanan dengan facebook kita. kita akan menunggu konfirmasi dari teman yang kita ajak tersebut. apabila sudah di konfirmasi kita menjadi teman yang kita ajak tersebut.

Berbeda dengan twitter, twitter tidak ada tombol tambahakan sebagai teman di layanan mikroblogging ini. kata lain pertemanan di twitter adlah folllower dan following.

a. Follower
Follower merupakan akun twitter yang mengikuti twitter yang kita miliki atau sebaliknya, dalam dunia twitter tak meneganla kata konfirmasi yang kita kethui ada pada facebook. Jadi apabila ada kaun twitter yang mengikuti pad akun yang kita miliki, mereka akan akan menjadi teman pad akun twitter. Tweet akan muncul di timeline pengikut kita tersebut.

b.Following
Following merupakan akun twitter yang mengikuti akun lain, didalam dunia perseilatan twitter tak ada juga tombol konfirmasi untuk mengikuti seseorang yang sudah lama kita kenal pada facebook. Apabila mengikuti akun twitter seseorang maka following kita akan bertambah, jumlah sesuai banyak pertemanan yang kita ikuti.

4. Mengetahui Tampilan Umum Twitter
Setelah membaca ulasan diatas, selanjutnya kita akan mengtahui tampilan umum pada twitter. Kita akan fungsi dan kegunaan tampilan umum tersebut. Inilah uraian terperinci istilah-istilah itu.


Fitur Umum Di Twitter

Lihatlah menu utama twitter pada gambar, terdapat menu utama, silah simak penjelasan di bawah ini.


a.       Menu Home
Fitur ini berfungsi sebagai menu untuk menuju menu beranda anda.

b.      Fitur Notification/Pemberitahuan
Fitur ini merupakan fitur yang berfungsi memberitahukan bahwa seseorang yang mentweet, melakukan mention pada twitter anda, dan juga memberitahukan adanya follower terbaru pada akun twitter.

c.       Fitur Messages/Pesan
Fitur ini merupakan yang berfungsi menulis pesan kepada pengguna twitter lainnya, pesan tak terkirim jika twutter anda, bukan folower ataupun following akaun tersebut.

d.      Fitur #Discover/Temukan
Menu ini berfungsi sebagai untuk memeprlihatkan tweet yang terbaik di twitter, twitter mempunyai algoritma yang sendiri untuk memperlihatkan kabar terbaik bagi anda. Apa apa saja yang dapatkan lewat akun twitter ini, lihatlah gambar di bawah ini.


 
menu discover
Discover
Inilah menu-menu yang terdapat pada menu discover inilah penjelasannya.

-Tweet, menu bekerja memberitahukan untuk mendapatkan tweet yang terbaik di status akun pengguna
-Aktivitas, menampilkan berbagai macam aktivitas menarik/terbaik pengguna.
-Untuk Diikuti, Menampilkan rekomendasi akun twitter yang harus diikuti
-Temukan Teman, mendapatkan teman yang bisa menjadi following ataupun follower melalui email dan
  berbagi jasa email lainnya.
-Akun Terpopuler, mendapatkan anjuran akun-akun terpopuler yang anda ikuti.


- Fitur Kotak Pencarian
Fitur ini bekerja untuk menemukan seseorang ataupun segala sesuatu tenatang pemilik twitter yang dapat kita temukan melalui nama pengguna twitter ataupun nama alias yang didahului dengan nama @

- Fitur Kontak Profil
Kotak Profil ini bekerja untuk memanage dan mengelola profil twitter anda, semuanya tentang pengaturan twitter dapat kita atur melalui fitur ini.

-Tombol Tweet
Tombol ini befungsi untuk memposting tweet anda, untuk memposting tweet anda cukup menekan tombol tersebut, atau kalian juga bisa ke menu beranda twitter dan membuat tweet di kotak tweet tersebut. Kotak twet ini hampir dengan kotak status pada facebook.

-Informasi Counter
Jika kita mebuka kotak profil pada twitter kita akan melihat kotak counter, informasi counter merupakan informasi yang dapat kita lihat, apabila kalian klik menu home, itu berada pada sebelah kiri layar, informasi counter menginformasikan tentang banyak tweet, banyak follower dan banyak following conuter menampilkan sebagai tanda follower dan following serta tweet yang telah ditulisan, penjelasannya di bawah ini

a.Tweet, semua tweet yang kita update selama bergabung dengan twitter
b.Follower, banyak jumlah pengikut dalam akun twitter yang dimilki.
c.Following, besarnya akun orang kita kalian ikuti.


-Tempat membuat tweet
Apabila dilihat pada gambar terdapat kotak untuk membuat tweet, tepatnya diatas timeline twitter. jumlah tweet yang bisa dimasukkan maksimal 140 karakter, inilah yang membuat perbedaan jejajring sosial seperti facebook. Untuk memasukkan karakter di dalam status facebook jumlahnya lebih banyak dari twitter. hal tersebut menggunakan twitter harus hemat karakter, jadi membuat twitter lebih informatif dan menyebarkan kabar ke seluruh dunia. Dalam tweet di twitter kita bisa menambahkan gambar dan lokasi dimana kita berada saat mengetweet.

-Fitur Timeline
Jika dilihat pada gambar terdapat fitur timeline yang berfungsi untuk melihat tweet dari teman-teman yang kalian ikuti, setiap tweet atau status yang kita sudah akrab pada facebook akan tampil di ttimeline akun twitter kalian. 


5.Cara Memainkan Twitter

-cara membuat tweet
Untuk membuat tweet bisa dilakukan dua langkah, pertama bisa menggunakan tombol tweet yang terdapat pada dekta foto profil. Kedua menggunakan kotak input status pada halaman beranda seperti halnya facebook,



Setelah mendapatkan kotak tersebut, kita dapat menulis status pada kotak yang telah disediakan. Gunakanlah kalimat seefektif mungkin atau seinformatif guna menghemat karakter yang disediakn oleh pihak twitter, karena hanya tersedia 140 karakter untuk membuat tweet. Selain hanya mengisinya dengan tulisan kitam dapat menambahkan foto, dengan menekan tombol Tambahkan foto, dan menambahkan lokasi dima anda mengetweet silahkan tekan tombol Tambahkan lokasi, serta jika kalian sudah siap mengetikkan tweet kalian dapat menekan tombol Tweet.

Tweet hampir mirip dengan update status pada facebook, apabila pada facebook kita status dapat dilihat oleh semua orang yang menjadi menjadi teman facebook, sedangkan pada twitter tweet hanya dapat dilihat oleh pengikut twitter kalian.

Langkah Membalas Tweet
apabila di dalam facebook kita mendaptakan bahwa untuk membalas status pada facebook cukup mengisi kotak komentari dan silahkan mengetik karakter tersebut, sedangkan pada twitter lebih dikenal sebagai reply atau balas. untuk membalas tweet dari follower kalian cukup menekan tombol tweet yang posisinya persis dibawah tweet oarang yang ingin kita balas tweetnya.

Dengan Reply atau komentari pada facebook, kalian akan menekan tombol reply yang komentar kalian akan dilengkapi dengan nama alias @nama dari akun twitter yan akan kalian  komentari. Misalnya balasan pada akun twitter @dedi_ansar akan terlihat tweet pada semua pengikut dedi ansar tersebut.

-Langkah Retweet atau membagikan status
Meretweet akaun twitter seseorang atau lebih terkenal dengan nama retweet, pada facebook kita ketahui tombol bagikan status. Untuk meretweet status di twitter bisa kita lihat contohnya gambar dibawah ini.

retweet

Dalam membagikan status kita cukup menekan tombol retweet yang dapat lihat pada gambar diatas, retweet yang kita lakukan akan dilihat oleh follower akaun twitter kalian. Serta merkan dapat meretweet juga dan mengomentari.

-Langkah Menggunakan Mention
penggunaan mention yang melibatkan pengguna kaun twitter dialam tweet yang kalian lakukan, pengguna twitter yang akaun twiiternya dilakukan mention, pengguna itu dapt melihat mention di akun twitter mereka.
Untuk melakukan mention, kiat juga melibatkan nama alias saeperti @nama, setelah akan ada notification pada akun twitter yang kita sematkan mention.

contohnya saja apabila kita membicarakan @joko_wido2 di dalam tweet yang kita buat, maka akan ada pemberitahuan pada akun tersebut.

Tweet secara otomatis akan tampak dan pemberitahuan akan ada padda kuan twitter jokowi, kalian bisa melibatkan lebih dari satu mention yang kalian buatkan. Namun jangan terlalu banyak melibatkan mention, karena karakter mention akan ditung juga dalam kotak tweet. Fungsi sebenarnya mention adalah supaya oranag dibicarakan bisa melakukan pemantauan dimana, dan banyaknya orang tersebut dibicarakan.

-Langkah memakai Hastag #
Hastag merupakan kalimat atau kata yang didahului tanda # diawal kata, hastag dapat kita pakai dan ditaruh dalam tweet yang kita pakai. itu terserah bagi yang membuat bisa dibuat atau tidak dibuat juga boleh. Manfaat dair hastag itu sendiri adalah mengelompokkan tweet yang dibuat. Banyaknya orang terlibat dalam membuat kata dan hastag yang sama bisa menjadikan trending topik kata tersebut.

kita contohkan saja tweet #abanggoda, maka penggolongan tweet tersebut. Semakin banyak orang menuliskan #abanggoda, maka bisa menyebabkan kalimat tersebut menjadi trending topik.

kalian juga bisa melibatkan hastag dalam memposting tweet kalian atau menuliskan hastag kalimat yang sedang populer dalam memposting tweet tersebut. Diperingatkan jangan terlalau banyak, karena akan rakuus karakter yang disediakan.

6. Mengatur dan mengkonfigurasi dasar twitter
Mengatur atau mengkonfigurasi dipakai untuk mengelola sesuatu yang tersangkut dengan akun twitter, dari password hingga tampilan, data profil, merubah bahasa, maupun foto. Mengatur atau konfigurasi anda lakukan yang sesuai kebutuhan kalian, jadi bisa mendapatkan hasil yang kalian inginkan. kalian melakukan konfigurasi melalu memu yang terletak pada foto profil kalian, konfigurasi apapun yang kalian lakukan semuanya berada pada menu profil kalian. yang terletak sudut kanan atas, setelah kotak pencarian, atau menu kotak foto yang diapit oleh kotak pencarian dan tombol tweet.

Berikut pengaturan konfigurasi yang bisa dilakukan.

-Mengubah Bahasa Twitter
Bahasa twitter bawaan merupakan bahasa inggris amerika, twitter menyediakan pilihan berbagai bahasa di dunia yang bisa kita cocokkan dengan kebutuhan bahsa yang kita inginkan. apabila kalian mengubah bahasa makan tampilan awal twitter akan mengubah bahsa yang kalian inginkan. Berikut merupakan cara-cara mengubah bahasa twitter yang smeula berbhasa inggris menjadi bahasa indonesia.

Silahkan kalian klik menu profil twitter kalian, pada menu akan keluar menu pengaturan.

Pada halaman yang ditampilkan silhak klik bahasa indonesia, atau kalian pilih sesuai bahasa yang diharapkan.

-Mengubah Foto Profil
Untuk mengubah foto profil, kalian dapat pilih menu profil diatas, kemudian klik menu lihat profil.

Selanjutnya, akan keluar Tombol Edit Profil yang berada pada posisi bawah kanan gambar.

Selanjutnya, kalian download atau kalian unggah foto profil kalian

Masih banyak konfigurasi twitter lainnya, bisa kalian utak atik pada akun twitter kalian. saya tak terlalu terperinci dalam menjelaskan mengenai twitter ini. Mengenai apa yang saya jelaskan diatas melalui postingan ini hanya dasar-dasar tampilan yang ada pada twitter saja. Saya hanya ingin menjelaskan secara singkat pada dan jelas. Yang dianggap penting dalam menuntun pengguna twitter yang belum tahu banyak tentang fitur-fitur twitter sehingga diharapkan pengguna twitter khusunya pemula tak emngalami kesulitan dalam menggunakan twitter.

Demikian artikel ini mengenai Cara Mudah Menggunakan Twitter, semoga bermanfaat bagi kalian.




adnow

loading...
About |Privacy Policy |Disclaimer |Hubungi Kami
arahblogg ~ Copyright © 2015 by Blogger