Home - Blog Komputer Smartphone Daftar Isi

Fitur-fitur PowerPoint 2007

Fitur-fitur PowerPoint 2007- Selain fitur-fitur lama yang semakin lengkap dan optimal. PowerPoint 2007 juga menambahkan berbagai fitur baru yang tentunya akan semakin meningkatkan kualitas hasil kerja kalian dalam penyusunan presentasi.

baca Juga :
Mengenal Microsoft PowerPoint 2007
Cara Menyisipkan Symbol di Word
Tentang Windows 95

#OFFICE BUTTON
Office Button merupakan button yang berisi menu standar, yang antara lain digunakan untuk membuka, menyimpan, menutup file, publish, dan beberapa fungsi lainnya. Tool yang berada pada office button berupa tombol-tombol yang sering dipergunakan untuk mengoperasikan PowerPoint.

#QUICK ACCESS TOOLBAR
Quick Access Toolbar merupakan sekumpulan toolbar yang berisi tool standar yang bisa diakses secara tepat tanpa melalui office Button. Secara default, letak Quick Access Toolbar berada di sebelah kanan Office Button. Kalian juga bisa memindahkan posisi serta menambah tool tersendiri sesuai keinginan.

#SMARTART
Microsoft PowerPoint 2007 menambahkan fitur SmartArt yang bisa membantu kalian menyampaikan ide secara visual melalui grafik. Melalui menu ini, kalian juga bisa mengganti daftar bullet hanya dengan beberapa klik mouse.

Cara mengaplikasikan SmartArt adalah sebagai berikut :
  •       klik menu Insert, lalu pilih ikon SmartArt pada Property Bar.
  •  Sebagai hasilnya, muncul kotak dialog Choose a SmartArt Graphic.
  • Pilih jenis graphic yang kalian kehendaki, misalnya List, kemudian pilih salah satu kategori, misalnya Vertical Box List.
  • Berikutnya, klik OK.
  •  Selanjutnya, ketik teks yang kalian inginkan pada bagian Type your text here.
  •   Untuk mengisi shape yang lain, ketik pada masing-masing objek yang tersedia.
  •  Setelah semua terisi, berikan beberapa efek khusus menggunakan Quick Style .

ZOOMING SLIDER CONTROL
Zoom Slider control digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan objek pada area kerja. Kalian hanya tinggal menggeser slider zooming ke kanan untuk memperbesar tampilan atau ke kiri untuk memperkecil tampilan. Zooming slider control berada di pojok kanan bawah workspace sehingga akan memudahkan dan mwnghemat waktu pengaturan tampilan.

SUPPORT FILE PDF DAN XPS
Salah satu fitur lainnya pada PowerPoint 2007 adalah fitur untuk langsung menyimpan file presentasi dalam format PDF atau XPS. Kalian bisa menggunakannya melalui Office Button > Save As.  

THEMES FONT
Themes font merupakan seperangkat pengaturan font yang berisi pengaturan style font, ukuran, gambar background, hingga warna elemen grafik. Saat menambahkan slide baru, themes ini akan muncul sebagai thumbnails pada toolbar. Cukup arahkan pointer diatas thumbnails dan kalian bisa melihat hasil penerapannya. Kalian tinggal mencocokannya saja sesuai keinginan.

EFEK KHUSUS PADA FOTO
Melalui penambahan efek 3D, kalian bisa mengontrol sejumlah elemen visual shape, antara lain efek bayangan, alur, dan pinggiran blur. Kalian juga bisa menambahkan efek-efek khusus pada foto yang akan dipresentasikan, misalnya efek robek pada tepi, transparan, blur, dan warna.

Berikut cara mengaplikasikan efek khusus pada foto.
1.      Siapkan foto yang akan dibei efek.

2.      Selanjutnya, aktifkan foto yang akan diberi efek khusus.

3.      Pilih efek yang tersedia pada bagian Property bar.

4.      Jika belum puas, kalian bisa memberi efek-efek khusus yang meliputi bayangan, reflection, glow. 3 dimensi dan lain sebagainya. Untuk memberi efek tambahan, pergunakan Pictures Effects.

Fitur-fitur PowerPoint 2007


 #COMPABILITY CHECKER
fasilitas ini bisa digunakan untuk memeriksa kompatibilitas file presentasi. Kalian akan diberi informasi mengenai fitur apa saja yang tidak didukung jika kalian menyimpan file ke dalam format word versi sebelumnya. Tool baru Inspect Document bisa dimanfaatkan untuk membuat property file yang tidak ingin ditampilkan, seperti informasi tentang pembuat, komentar, revisi, watermark, dan teks tersembunyi. 


Baca Juga : Cara Mengurut Data atau Sort Data

#QUICK STYLE
Eksplorasi berbagai style presentasi bisa diterapkan secara cepat melalui toolbar Quick Style. Hasil perubahan pengaturan bisa dilihat secara real-time pada preview. Efek perubahan style akan langsung tampak, tanpa harus meng-apply. Fitur ini cukup menghemat waktu meskipun tidak terlihat perubahan pada efek-efeknya dibandingkan sebelumnya.


Cara mengaplikasikan Quick Style adalah :
1. Siapkan slide baru yang sudah berisi objek shape.
2. Aktifkan gambar dengan mengklik objek bintang.
3. Klik menu format, lalu perhatikan property bar dan pilih Shape Style yang kalian kehendaki.
4. Setelah memilih salah satu style yang kalian inginkan, PowerPoint akan menampilkan perubahan secara real-time tanpa harus melakukan apply.

#Picture Style

Fasilitas baru Picture Style memungkinkan kalian untuk mengaplikasikan efek-efek picture dengan lebih mudah dan cepat. Untuk mengaplikasikan picture style pada objek, berikut langkah-langkahnya :
1. Siapkan Slide baru yang berisi gambar.
2. Aktifkan gambar dengan mengklik gambar tersebut.
3. Klik menu Format, perhatikan Propety bar, dan pilih Picture Effects yang kalian kehendaki.
4. Selanjutnya, pilih salah satu efek yang kalian inginkan.


#THESAURUS
Fasilitas thesaurus merupakan fitur dari Microsoft PowerPoint 2007 yang berfungsi membuat presentasi dalam bahasa Inggris. Kalian bisa mengaktifkan menggunakan tombol Shift+F7 pada keyboard.

#FILE FORMAT
Format file dari Microsoft PowerPoint 2007. yakni .pptx, tidak bisa dibuka pada PowerPoint versi sebelumnya. File .pptx memperkecil ukuran file. Kalian juga bisa menyimpan file presentasi dalam format yang lama melalui tombol Office Button > Save As.

Baca juga : Cara Membuat Kolom Di Microsoft Word

Demikianlah postingan kami mengenai Fitur-fitur PowerPoint 2007, semoga bermanfaat.



adnow

loading...
About |Privacy Policy |Disclaimer |Hubungi Kami
arahblogg ~ Copyright © 2015 by Blogger